0 di keranjang

No products in the cart.

Karena sehat buat semua

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Semuajadisehat.com – Jantung merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia, sehingga jika jantung tidak berfungsi dengan baik, maka ada sejumlah masalah kesehatan yang akan mengintai, seperti sesak napas, pusing, lemas, dan yang paling buruk adalah kematian. Oleh sebab itu   menjaga dan merawat kesehatan jantung sangatlah penting untuk kalian yang ingin berumur panjang. Agar memiliki jantung yang sehat, ada sejumlah hal yang bisa kalian lakukan, salah satunya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Dari sumber terpercaya Health.Harvard, inilah tips untuk menjaga kesehatan jantung.

Tips sederhana agar jantung tetap sehat 

  1. Jangan Duduk Terlalu Lama, Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh tim ahli kesehatan jantung di universitas Harvard, seseorang yang duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 147 persen. Hal ini semakin diperburuk jika orang tersebut memiliki riwayat penyakit jantung, yakni meningkat menjadi 226 persen. Selain itu, dengan duduk terlalu lama juga meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami serangan jantung mendadak sebesar 90 persen. Terkait hal ini, para tim ahli kesehatan jantung di universitas Harvard menyarankan agar kalian berdiri selama 15-20 menit setiap duduk selama 3-4 jam.
  2. Batasi Konsumsi Makanan Berlemak, Jenis lemak yang sangat berdampak buruk bagi kesehatan jantung adalah jenis lemak tak jenuh. Jenis lemak tak jenuh juga dikenal dengan lemak trans. Jenis lemak trans banyak terkandung dalam makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, serta makanan yang diolah dengan tidak sempurna. Lemak tak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh, dan menekan kadar kolesterol baik. Namun sejatinya tubuh juga memerlukan asupan lemak tak jenuh dalam porsi yang pas untuk menjaga kadar kolesterol di tubuh tetap stabil. Untuk menjaga kesehatan jantung, para tim ahli kesehatan dari universitas Harvard menyarankan agar kalian mengasup makanan yang mengandung lemak tak jenuh minimal 2 kali dalam seminggu, dan maksimal 5 kali dalam seminggu.
  3. Hindari Asap Rokok, Selain berbahaya bagi paru-paru dan tenggorokan, ternyata asap rokok juga sangat berisiko bagi kesehatan jantung. Kandungan nikotin dan TAR yang terdapat di asap rokok bisa menyebabkan sejumlah gangguan pada jantung seperti gagal jantung, flek di jantung, jantung bocor, serta meningkatkan kemungkinan serangan jantung. Meskipun kalian bukanlah perokok, namun asap rokok dari rokok yang dihisap oleh orang disekitar kalian juga memiliki dampak yang sama bahayanya jika terhirup oleh kalian. Maka dari itu, hindarilah asap rokok ketika sedang berada di tempat umum, kalian bisa menggunakan masker ketika harus pergi keluar rumah.
  4. Tidur yang Cukup, Tim ahli kesehatan jantung di universitas Harvard menyimpulkan bahwa seseorang yang tidur tidak sampai 6 jam dalam sehari bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan juga stroke. Kurang tidur akan meningkatkan risiko masalah kardiovaskular sebesar 2 kali lipat. Kurang tidur juga akan mengganggu proses biologis dan tekanan darah sehingga dampaknya akan melemahkan kondisi jantung. Perihal masalah ini, maka tim ahli kesehatan jantung di universitas Harvard menyarankan agar seseorang tidur minimal 7 jam per hari, dan maksimal 9 jam per hari. Tidur terlalu lama juga sama bahayanya dengan kurang jam tidur.